Pertandingan Sepak Bola Teologan vs Filosofen

           

Ritapiret, pertandingan sepak bola antara Filosofen berhadapan dengan Teologan berlangsung pada Kamis, 12/3/2020. Pertandingan antara Teologan vs Filosofen menjadi sebuah jadwal tahunan Seminari Tinggi Interdiosesan Ritapiret. Kesebelasan filosofen mencakupi tingkat I sampai tingkat III, sedangkan kesebelasan teologan mencakupi tingkat IV sampai tingkat VI. Bertanding di lapangan St. Petrus Ritapiret, armada Fr. Nan Laja membungkam Teologan dengan kemenangan 2-0.

Pada menit awal ketika peluit dibunyikan oleh wasit kae Yano Servas, Teologan sempat tampil menekan. Pada menit ke-2 sebuah umpan terobos yang diciptakan oleh Fr. Cesc Djo dengan begitu muda bola diterima oleh Fr. Sandri Jas. Akan tetapi sepakan bola Fr. Sandri Jas masih melebar dari mulut gawang. Meski begitu, sekuat Fr. Lolyk Apung beberapa kali mengalami kesulitan untuk melewati kotak pinalti karena kekompakan bek Filosofen yang membangun strategi offside.

Filosofen yang dipimpin Fr. Herman berusaha untuk membangun serangan balik. Usaha ini terbukti pada menit ke-12 memanfaatkan umpan terobosan yang disodorkan Fr. Steven usman, Fr Alvin dengan mudah lolos dari jebakan offside dan memasuki daerah kotak pinalti. Namun usahanya masih saja diamankan oleh kiper Teologan, Fr. Beben Koranso. Jual beli serangan pun mulai tercipta diantara kedua kubu. Fr. Cesc Djo berusaha membangun serangan  dan berulang kali memberi umpan jauh tetapi masih saja sulit melewati pertahan tim filosofen.

Kubu anak asuh Fr. Nan Laja tidak mau kalah dengan berusaha membagun serangannya. Pada menit ke-27 Fr. Boy Doreng dengan mudah memberi sebuah umpan yang begitu ciamik untuk Fr. Alvin, akan tetapi bolanya masih bisa dihalau lagi oleh penjaga gawang Teologan. Usaha kerja sama dalam membangun seranganpun membawa hasil di menit ke-32 memanfaatkan umpan jauh Fr. Pedro Yafur dari sesi tengah kiri lapangan bola dengan mudah diterima oleh Fr. Aris Gusi dan dengan mudahnya bola dijungkil melewati Fr. Beben Koranso dan masuk ke mulut gawang. Keunggulan 1-0 bagi Filosofen ini bertahan hingga babak pertama usai.

Tiga menit selepas jeda, Teologan yang dipimpin Fr. Lolyk Apung langsung tampil mengancam. Fr. Sandri Jas memulai serangan dari sayap kanan tetapi sepakan bolanya masih saja melebar ke samping gawang. Melihat bola dalam keadaan kosong, striker Hendra Molo berusaha mengantisipasinya tetapi bola ditepis keluar oleh Fr. Nus Lawe, sang penjaga gawang Filosofen. Melihat kondisi team mulai membaik, nahkoda Teologan Fr. Yandri Kolin berusaha memasukkan beberapa pemain supaya menjadi lebih solid. Fr. Felix Tampu, Fr. Fanyo Madur, Fr. Son Watu, dan Fr. Ansel Molan. Akan tetapi usaha yang dibangun membawa sia-sia karena permainan Teologan mulai tidak terarah.

Memanfaatkan situasi yang demikian, Fr. Nan Laja berusaha memperbaiki team-nya dengan memasukkan pemain-pemain terbaiknya, Fr. Fil Dua, Fr. Tano Metanoia dan Fr. Piter Mite. Dengan tambahan amunisi baru, permainan Filosofen semakin impresif, lini tengah lebih mudah dikuasai oleh  para pemain Filosofen. Fr. Fil Dua dan Fr. Boy Doreng mulai membangun strategi untuk menyerang. Serangan berulang kali dilancarkan oleh Filosofen tetapi masih saja diamankan oleh libero Teologan, Fr. Irwan Anse. Pada menit ke-65 hampir saja gawang Fr. Beben dijebol kedua kalinya. Berkat umpan tiki-taka antara Fr. Alvin dan Fr Aris Gusi bola dialirkan ke Fr. Piter Mite yang dengan mudahnya bola dicungkilnya melewati penjaga gawang Teologan dan bola begitu pelan melambung di udara. Saat bola mau mendarat masuk ke gawang dengan cepatnya Fr. Beben menipis bola keluar lapangan.

Lima menit menjelang waktu normal berakhir, bek kanan Teologan Fr. Ardus Endi melakukan pelanggaran terhadap striker Filosofen, Fr. Tano Metanoia. Fr. Fil Dua tampil sebagai eksekutor tendangan bebas tersebut dan bolanya berhasil bersarang ke gawang Teologan. Fr. Fil Dua pun berusaha untuk mengekspresi rasa senangnya dengan melakukan seleberasi meditasi Zen yang menjadi tipikal seleberasi penyerang Borussia Dortmund, Erling Braut Haland. Tambahan satu gol tersebut menghantar Filosofen keluar sebagai pemenang dalam pertandingan persahabatan tersebut dengan skor 2-0. (Charles)

 

 

 

 

 

Post SebelumnyaMisa Rabu Abu di Seminari Tinggi Ritapiret
Post SelanjutnyaFraters Ritapiret Gelar Latihan Public Speaking