MENJADI LEKTOR DAN AKOLIT YANG RENDAH HATI | MISA PELANTIKAN LEKTOR DAN AKOLIT FRATRES TINGKAT III

Ritapiret-- Minggu, 25 Oktober 2020, komunitas Seminari Tinggi Interdiosesan St. Petrus Ritapiret menggelar Misa pelantikan Lektor dan Akolit bagi para frater tingkat III. Misa dipimpin langsung oleh Romo Philips Ola Daen selaku rektor Seminari dan berkonselebrasi para Romo lainnya. Dalam kata pengantarnya, Romo Philips menekankan aspek kerendahan hati yang harus dimiliki oleh para lektor dan akolit. “Pelantikan Lektor dan Akolit menjadikan kita pelayan yang rendah hati, yang hidup dari meja korban dan mimbar sabda”, katanya.

Misa dimulai tepat pukul 06.00 WITA dan dirayakan di Kapela Agung Seminari Tinggi Interdiosesan St. Petrus Ritapiret, serta dihadiri oleh seluruh frater baik frater studiosi maupun para frater TOR (Tahun Orientasi Rohani). Para frater tingkat III yang dilantik sebagai Lektor dan Akolit berjumlah 54 orang.

Dalam Misa yang kurang lebih berlangsung selama dua jam, Romo Hilde dalam homilinya menegaskan bahwa “pelantikan Lektor dan Akolit merupakan salah satu syarat menerima tahbisan, dengan tugas pokok melayani sabda dan Altar korban”. Dan tentunya, momen pelantikan ini tidak hanya dilihat sebagai upacara seremonial tanpa makna, tetapi harus dibarengi oleh strategi hidup yang benar serta mengetahui dan memahami peran lektor dan akolit dengan benar. Ada beberapa poin penting yang mesti diperhatikan secara serius oleh para lektor dan akolit, tegas Romo Hilde, “pertama, mewartakan Sabda Allah dalam perayaan liturgi dan kesaksian iman. Kedua, memberi pengajaran imam kepada anak-anak dan kaum muda, dan ketiga mempersiapkan penerimaan sakramen-sakramen lainnya”.

Misa diakhiri dengan berkat penutup dan kata sambutan dari perwakilan tingkat III, Fr. Andris, selaku ketua kelas tingkat III, dan juga kata sambutan dari Romo Philips selaku Rektor Seminari Tinggi Interdiosesan St. Petrus Ritapiret. (Fr. Ancik Sabar)

Post SebelumnyaMisa Rabu Abu di Seminari Tinggi Ritapiret
Post SelanjutnyaMEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA, KELOMPOK MINAT TEATER TANYA MENGADAKAN ACARA PENTAS SENI