Kelompok Minat Centro John Paul II

 

   PROFIL KELOMPOK MINAT CENTRO JOHN PAUL II

 

Tepat pada tanggal 1 Oktober 2006 kelompok minat Centro resmi didirikan. Perintis kelompok minat Centro ini ilalah  RD. Rikardus Muga Buku, dkk. Kelompok minat ini dibentuk karena dimotivasi oleh rasa kagum terhadap sosok Paus Yohanes Paulus II, sehingga menggerakkan beberapa frater untuk membentuk suatu kelompok khusus. Sebelumnya, gagasan ini bermula dari kisah seputar wafatnya Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 2 April 2005. Mengingat mendiang Paus Yohanes Paulus II adalah satu-satunya paus dalam sejarah Gereja Katolik yang menginjakkan kakinya, bahkan bermalam di rumah Rita. Ingatan dan kenangan berharga ini kemudian melahirkan gagasan untuk membentuk wadah khusus bagi para pencinta Yohanes Paulus II.

Gagasan tentang kelompok minat ini sempat tersendat dan vakum sampai ketika Rm. Pede Da Lopez, Pr. bertemu dengan P. Glinka SVD, seorang misionaris asal Polandia yang juga ikut bersama Sri Paus saat kunjungan ke Maumere, dan mengemukakan tentang gagasan pendirian Centro bagi mendiang Paus Yohanes Paulus II. Setelah gagasan ini dilontarkan kepada para frater dan mendapat tanggapan yang antusias, pertemuan perdana lalu digelar untuk membicarakan hal ini. Akhirnya, tepat pada tanggal 1 Oktober 2006 kelompok minat ini dibentuk secara resmi dan dideklarasikan dengan nama “Kelompok Studi Yohanes Paulus II” sebelum berkembang menjadi “CENTRO JOHN PAUL II” setahun kemudian.

Tujuan utama terbentuknya kelompok minat Centro John Paul II ini ialah selain sebagai wadah bagi para pecinta sosok Yohanes Paulus II di satu sisi, tetapi juga menjadi cermin bagi para frater untuk meneladani jejak hidup Paus Yohanes Paulus II  baik sebagai pendoa umat manusia maupun  sebagai filsuf. Usaha kelompok minat Centro John Paul II dalam meneladani inspirator St. Yohanes Paulus II termanifestasi dalam berbagai kegiatan atau program, seperti doa bersama anggota kelompok minat di Kamar Paus, pengadaan kegiatan diskusi-diskusi ilmiah, dll.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Post SebelumnyaKelompok Minat Sekami Lolek
Post SelanjutnyaKelompok Minat Rita English Club