Seminari Tinggi Interdiosesan Santo Petrus Ritapiret Maumere

"Engkaulah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku; dan alam maut tidak akan menguasainya." (Mat. 16:18)

Seminari Tinggi Ritapiret

Lembaga pendidikan calon imam diosesan yang bertujuan menghasilkan pelayan tertahbis yang handal dan unggul bagi Gereja dan bangsa.

Jelajahi

Kamar St. Yohanes Paulus II

Sempat menjadi "Vatikan semalam", Seminari Tinggi Interdiosesan St. Petrus Ritapiret pernah dikunjungi oleh Bapa Suci Sri Paus Yohanes Paulus II dalam kunjungan pastoralnya ke Maumere pada tanggal 11-12 Oktober 1989.

Jelajahi

Selamat datang di Seminari Tinggi Interdiosesan Santo Petrus Ritapiret

Lembaga formasi calon imam interdiosesan yang terdiri dari lima keuskupan: Keuskupan Ruteng, Keuskupan Denpasar, Keuskupan Agung Ende, Keuskupan Maumere, dan Keuskupan Larantuka.
Welcome to POLO

Aspek-Aspek Formasi Para Calon Imam

Pembinaan Kepribadian

Pembentukan kepribadian merupakan dasar dari segala pembentukan, bertujuan agar calon imam mencapai kematangan dan kedewasaan manusiawi yang tampak dalam sifat-sifat terpuji seperti: jujur, percaya diri, afeksi dan emosi yang matang, tingkah laku yang baik, setia pada janji, pembela kebenaran dan keadilan, dapat mengendalikan diri, ramah, setia kawan, rasa bebas dan bertanggung jawab, rajin, rela bekerja sama, mendengarkan dan menghargai orang lain, rela melayani, belas kasih yang tulus, bijaksana, mengampuni, mandiri dan terbuka, tenggang rasa, penuh kasih dan rendah hati, cinta damai, disiplin diri, berinisiatif dan kreatif.

Pembinaan Spiritual

Pembentukan kerohanian berpola pada pribadi Yesus Kristus Sang Imam Agung, agar para calon imam mencapai kematangan hidup rohani yang ditandai dengan kualitas-kualitas, antara lain: cinta kepada Allah dan sesama, semangat kerekanan dan persatuan, penyangkalan diri, ketaatan, selibat dan kemurnian, kemiskinan, sikap hormat terhadap imam dan Gereja, minat pada kerasulan dan misi.

Pembinaan Intelektual

Pembentukan intelektualitas bertujuan agar para calon imam mencapai kematangan intelektual yang ditandai dengan kualitas-kualitas berikut: dapat mengembangan kemampuan belajar dan keinginan untuk belajar seumur hidup, memiliki pelbagai ilmu pengetahuan dan pandangan yang benar dan sehat, kemampuan untuk menyelesaikan studi-studi eklesiastik yang menunjang tugas pewartaanya kelak, serta pemahaman yang benar dan komprehensif tentang imamat dan segala sesuatu yang berkaitan dengan imamat, dapat menyelesaikan Studi di STFK Ledalero dengan standar nilai yang ditetapkan oleh Seminari.

Pembinaan Pastoral

Pembentukan kegembalaan merupakan orientasi/sasaran dari segala pembentukan, agar para calon imam memiliki keterampilan pastoral yang memadai, yang ditandai dengan kualitas-kualitas berikut: mampu mengembangkan kepemimpinan suportif-partisipatif, mampu bekerja sama, mampu membawa diri dalam pergaulan dan hidup bermasyarakat, mampu mengenal dan menghargai nilai-nilai budaya setempat, peka membaca tanda-tanda zaman, bertanggungjawab terhadap kepentingan umum, tabah menghadapi pelbagai tantangan pastoral, mampu mengaplikasikan ilmu ke dalam praksis pastoral, memanfaatkan media massa untuk karya kegembalaan, dll.

Galleri

Berita Terbaru

MENJUMPUT MAKNA “RAJA” DI HARI RAYA KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM

Ritapiret, SP (22/11)--Perayaan Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam merupakan perayaan yang oleh Gereja Katolik ditempatkan pada Hari Minggu Biasa XXX...

Baca Selanjutnya

SEMINARI TINGGI RITAPIRET MENERIMA BANTUAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR

KUPANG, st.ritapiret.or.id, - Seminari Tinggi Interdiosesan St. Petrus Ritapiret menerima bantuan budidaya ikan air tawar dari Pemerintah pada Rabu, 1...

Baca Selanjutnya

KETERLIBATAN GEREJA DAN POLITIK PATRONASE | DISKUSI ILMIAH SEMINARI TINGGI INTERDIOESAN ST. PETRUS RITAPIRET

 SPH, Sie Publikasi Ritapiret, - Minggu, 15 November 2020 para Frater Studiosi Seminari Tinggi Interdiosesan St. Petrus Ritapiret mengikuti sidang aka...

Baca Selanjutnya

ALUMNI

DONATUR

FRATER

KEUSKUPAN

FRATER KAMI

Yulius Ama Tukan

I

Asal seminari : Seminari San Dominggo Hokeng
Asal paroki : Paroki HatiKudus Yesus-Ritawolo
Asal Keuskupan : Keuskupan Larantuka

Yuanito Aranse Sareng

I

Asal seminari : Seminari St. Maria Bunda Segala Bangsa Maumere
Asal paroki : St Fransiskus Xaverius Koting
Asal Keuskupan : Keuskupan Maumere

Yosefianus Gesing

I

Asal seminari : Seminari St. Yohanes Paulus II Labuan Bajo
Asal paroki : Paroki St. Mikhael-Kumba
Asal Keuskupan : Keuskupan Ruteng

Yohanes Yanto Waro

I

Asal seminari : Seminari St. Yohanes Berchmans Todabelu Mataloko
Asal paroki : Paroki Sta. Maria Bunda Karmel Rajawawo
Asal Keuskupan : Keuskupan Agung Ende

Lokasi Kami