Seminari Tinggi Interdiosesan Santo Petrus Ritapiret Maumere

"Engkaulah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku; dan alam maut tidak akan menguasainya." (Mat. 16:18)

Seminari Tinggi Ritapiret

Lembaga pendidikan calon imam diosesan yang bertujuan menghasilkan pelayan tertahbis yang handal dan unggul bagi Gereja dan bangsa.

Jelajahi

Kamar St. Yohanes Paulus II

Sempat menjadi "Vatikan semalam", Seminari Tinggi Interdiosesan St. Petrus Ritapiret pernah dikunjungi oleh Bapa Suci Sri Paus Yohanes Paulus II dalam kunjungan pastoralnya ke Maumere pada tanggal 11-12 Oktober 1989.

Jelajahi

Selamat datang di Seminari Tinggi Interdiosesan Santo Petrus Ritapiret

Lembaga formasi calon imam interdiosesan yang terdiri dari lima keuskupan: Keuskupan Ruteng, Keuskupan Denpasar, Keuskupan Agung Ende, Keuskupan Maumere, dan Keuskupan Larantuka.
Welcome to POLO

Aspek-Aspek Formasi Para Calon Imam

Pembinaan Kepribadian

Pembentukan kepribadian merupakan dasar dari segala pembentukan, bertujuan agar calon imam mencapai kematangan dan kedewasaan manusiawi yang tampak dalam sifat-sifat terpuji seperti: jujur, percaya diri, afeksi dan emosi yang matang, tingkah laku yang baik, setia pada janji, pembela kebenaran dan keadilan, dapat mengendalikan diri, ramah, setia kawan, rasa bebas dan bertanggung jawab, rajin, rela bekerja sama, mendengarkan dan menghargai orang lain, rela melayani, belas kasih yang tulus, bijaksana, mengampuni, mandiri dan terbuka, tenggang rasa, penuh kasih dan rendah hati, cinta damai, disiplin diri, berinisiatif dan kreatif.

Pembinaan Spiritual

Pembentukan kerohanian berpola pada pribadi Yesus Kristus Sang Imam Agung, agar para calon imam mencapai kematangan hidup rohani yang ditandai dengan kualitas-kualitas, antara lain: cinta kepada Allah dan sesama, semangat kerekanan dan persatuan, penyangkalan diri, ketaatan, selibat dan kemurnian, kemiskinan, sikap hormat terhadap imam dan Gereja, minat pada kerasulan dan misi.

Pembinaan Intelektual

Pembentukan intelektualitas bertujuan agar para calon imam mencapai kematangan intelektual yang ditandai dengan kualitas-kualitas berikut: dapat mengembangan kemampuan belajar dan keinginan untuk belajar seumur hidup, memiliki pelbagai ilmu pengetahuan dan pandangan yang benar dan sehat, kemampuan untuk menyelesaikan studi-studi eklesiastik yang menunjang tugas pewartaanya kelak, serta pemahaman yang benar dan komprehensif tentang imamat dan segala sesuatu yang berkaitan dengan imamat, dapat menyelesaikan Studi di STFK Ledalero dengan standar nilai yang ditetapkan oleh Seminari.

Pembinaan Pastoral

Pembentukan kegembalaan merupakan orientasi/sasaran dari segala pembentukan, agar para calon imam memiliki keterampilan pastoral yang memadai, yang ditandai dengan kualitas-kualitas berikut: mampu mengembangkan kepemimpinan suportif-partisipatif, mampu bekerja sama, mampu membawa diri dalam pergaulan dan hidup bermasyarakat, mampu mengenal dan menghargai nilai-nilai budaya setempat, peka membaca tanda-tanda zaman, bertanggungjawab terhadap kepentingan umum, tabah menghadapi pelbagai tantangan pastoral, mampu mengaplikasikan ilmu ke dalam praksis pastoral, memanfaatkan media massa untuk karya kegembalaan, dll.

Galleri

Berita Terbaru

KOMUNITAS FRATRES TOR RITAPIRET MERAYAKAN PESTA FAMILI KE-65

Ritapiret, 22/10-“Penantian panjang membuahkan kebahagiaan.” Kata-kata ini sangat tepat untuk menggambarkan suasana Pesta Famili fratres TOR Seminari ...

Baca Selanjutnya

GAIRAH FRATRES TINGKAT DUA MENJADI ANIMATOR SEKAMI

Ritapirert, SPH-Usai bergelut dengan sesi pemaparan materi ala Kelompok Minat Sekami Lolek pada Minggu, 11 Oktober 2020 lalu, kali ini fratres tingkat...

Baca Selanjutnya

MENGENAL HUMANA COMMUNITAS DAN IMPLIKASINYA BAGI FORMASI CALON IMAM

Saint Peter Hall (SPH),- Anggota Komunitas Seminari Tinggi Interdiosesan St. Petrus Ritapiret mengadakan sidang akademik pertama periode 2020/2021 di ...

Baca Selanjutnya

ALUMNI

DONATUR

FRATER

KEUSKUPAN

FRATER KAMI

Inosensius Aldi

TOR

Asal seminari : Seminari St. Yohanes Paulus II Labuan Bajo
Asal paroki : St. Familia Wae Nakeng
Asal Keuskupan : Keuskupan Ruteng

Hugolionus Petrik Amat

TOR

Asal seminari : Seminari St. Yohanes Paulus II Labuan Bajo
Asal paroki : Roh Kudus Timung
Asal Keuskupan : Keuskupan Ruteng

Hendrikus Hali Uran

TOR

Asal seminari : Seminari San Dominggo Hokeng
Asal paroki : St. Yosef Boto
Asal Keuskupan : Keuskupan Larantuka

Gregorius Gajak Molan

TOR

Asal seminari : Biara Karmel
Asal paroki : St. Yosep Riangkemie
Asal Keuskupan : Keuskupan Larantuka

Lokasi Kami