Mar 31 2016

Minggu Palma

“Hosanna, Putra Daud, Terpujilah yang datang atas nama Tuhan. Raja Israel, Hosana sembah sujud.” Nyanyian ini menggema dan mewarnai perayaan Minggu Palma di Komunitas Ritapiret. Dengan daun palma di tangan, komunitas Rita bersama umat yang hadir berarak dari halaman Aula St. Petrus Ritapiret menuju Kapela Agung. Sambil terus bernyanyi dan melagukan hosanna sepanjang jalan, komunitas Ritapiret dan umat yang hadir mengenangkan Yesus yang memasuki kota Yerusalem ribuan tahun lalu.

Dalam homilinya, Rm. Mathias Daven, selaku imam yang memimpin ekaristi, menegaskan pentingnya bermurah hati untuk mengampuni dan mengasihi sesama.” Kita tidak dapat mengubah dunia dengan kekuasaan yang kita miliki tetapi kita dapat mengubah dunia ini dengan pengampunan dan cinta kasih yang kita berikan kepada sesama kita.” Tegas Romo Mathias. Lebih lanjut, Romo Mathias menegaskan kepada umat untuk meneladani pengampunan yang diberikan Yesus kepada para prajurit yang menyiksa Dia dan juga kepada penjahat yang disalibkan bersama dengan Dia.

Perayaan yang dilaksanakan ini berlangsung meriah dengan nyanyian koor yang dibawakan oleh Fratres Tingkat IV. Nyanyian syahdu dan semangat dengan  kolaborasi musik  yang  seimbang  turut menambah suasana khidmat perayaan Minggu Palma ini. Hosana, Putra Daud.