Mar 31 2016

Kedatangan Mgr. Antonio Guido Filipazi

Selasa, 08 Maret 2016, komunitas Ritapiret menerima kedatangan tamu special dari kedutaan Vatikan untuk Indonesia yakni, Mgr. Antonio Guido Filipazi. Kedatangan Yang Mulia Duta Vatikan ini pada hari-hari sebelumnya mengguratkan sedikit kekhawatiran pada sebagian kecil warga komunitas lantaran informasi yang berkaitan dengan ketertibannya dalam menjalankan liturgi terutama perayaan Ekaristi. Kedatangan yang bertujuan mengunjungi sekaligus bertemu dengan segenap seminaris ini, ternyata tidak seperti yang dikhawatirkan sebelumnya.

Perayaan Ekaristi yang dilaksanakan pada pukul 18.00 WITA, dipimpin langsung oleh Mgr. Antonio Guido Filipazi, mengikut sertakan kelima Uskup dari lima keuskupan seprovinsi gerejawi Ende, yakni; Uskup Denpasar, Uskup Ruteng, Uskup Agung Ende, Uskup Maumere, dan Uskup Larantuka, serta para imam komunitas Ritapiret. Kekhawatiran tentang liturgi yang ketat tidak lagi menjadi perhatian terganti dengan keanggunan sang pemimpin yang menyerukan “you are the feature of the Church” (kepada para frater). Seruan itu berlandas kuat pada inti renungannya yakni “water”.

Kemudian, Rabu, 09 Maret 2016, beliau mengadakan pertemuan dengan segenap anggota biara dan seminari tinggi se-STFK LEDALERO. Masih tetap menyuarakan hal yang sama yakni berupa harapan yang besar akan masa depan Gereja. Berbagai motivasi dan asupan semangat disuarakan ke hadapan para biarawan/ti dan seminaris demi harapan Gereja ini.